Symphony of Life

2008-01-26

Mengenai blog ini, blog diberi judul Symphony of Life karena blog ini berisi kolaborasi pemikiran-pemikiran aneh dan terkadang ngawur dari berbagai bidang yang akan tergabung dalam jalinan simfoni. Judul tersebut terinspirasi dari lagu yang ditulis oleh Tina Arena dan Peter John Vetesse dengan judul yang sama pada album Just Me yang rilis 16 September 2002. Disini penulis mencomot kutipan dari liriknya yang bertuliskan "When the simple things can do more to satisfy..." mencerminkan bahwa penulis lebih suka hal-hal yang sederhana dan mengindari kompleksitas.

Blog ini hanya menceritakan apa yang sehari-hari dipikirkan oleh penulisnya, so tidak hanya terpaku pada satu topik saja[1]. Namun, blog ini tidak bicara tentang politik karena penulisnya agak malas berpolitik. Begitu pula soal hukum, karena penulis sangat takut dihukum. Jika hasil analisanya aneh & ngawur harap dimaklumi karena penulis masih berada dalam masa pertumbuhan. Tujuan pembuatan blog ini semata-mata adalah untuk melatih cara menulis dan menganalisa suatu hal, supaya bertambah pintar, meski banyak orang yang bilang sebelumnya memang sudah pintar. Blog ini juga diilhami sebuah quotes yang menarik,
"Manusia itu pada dasarnya nggak pernah puas, kalo dia cepat puas, berarti dia bukan manusia"©
Fajar Indra, 1986 - Present
Artikel-artikel dalam blog ini terbagi dalam beberapa kategori utama. Kategori-kategori utama tersebut antara lain :
  • Common Sense : Berisi seputar artikel-artikel yang agak ngawur, tidak tersistematisasi, serta tidak berdasarkan kerangka teori yang jelas. Biasanya isinya merupakan emosi sesaat sang penulis.
  • Indonesiana : Tulisan seputar negeri kita tercinta Indonesia, tentang kritik (baik yang destruktif maupun konstruktif), saran, pujian, hujatan, maupun pisuhan. Tujuannya adalah membuat Indonesia menjadi lebih baik.
  • Internasional : Berbicara tentang kejadian yang luar biasa di seputar dunia internasional yang layak dijadikan headline
  • Intermezzo : Berisi tentang tulisan-tulisan yang agak rileks, penuh canda, dan sedikit iseng sambil ngecengin dan nyela orang sedikit-sedikit.
  • Jazz : Berisi tentang tulisan seputar konser musik jazz yang saya komentari
  • Kampus : Tulisan seputar kegiatan dan aktivitas di kampusku tercinta.
  • Nostalgia : Berisi tentang romantisme masa lalu yang menurut penulis indah. Nostalgia ini bisa sifatnya personal, umum, maupun celotehan sejarah bangsa.
  • Personal : Cerita tentang sisi lain kehidupan penulis.
  • Populer : Berisi tentang hal-hal yang sedang ramai dibicarakan orang dan menjadi trend pada saat penulisannya.
  • Report : Berisi tentang laporan, pendapat, maupun kesan ketika penulis mengamati ataupun attending dalam sebuah event
  • Resensi : Berisi tentang review penulis soal buku, film layar lebar, musik, dll.
  • Sepakbola : Berisi tulisan tentang dunia kulit bundar, terutama dari benua biru eropa dan klub Manchester United
Sementara itu, blog ini juga menuliskan sebuah kolom istimewa tentang sebuah event yang terjadi secara istimewa pula. Kolom istimewa ini hanya akan terisi ketika event tersebut berlangsung, dan akan ditutup ketika event tersebut selesai. Saat ini, baru ada Euro 2008 sebagai kategori yang diposting dalam blog ini.

Terakhir, blog ini menerima saran, kritik, hujatan, celaan, pisuhan, pujian, sumpah serapah, dll. Selama hal itu masih wajar dan elegan. So, selamat membaca dan memberikan kritikan.



[1] Mengutip kata-kata alm. wadehel

Catatan Tambahan :
Beberapa blog milik saya:
  1. http://farindra.wordpress.com/
  2. http://fajar-indra.blogspot.com/
  3. http://farindra.multiply.com/
  4. http://farindra.blogdrive.com/
  5. http://ardnirajaf.wordpress.com/
Beberapa blog yang bukan milik saya :
  1. http://fajarindra.wordpress.com/
  2. http://fajar-indra.wordpress.com/
  3. http://fajarindra.multiply.com/
  4. http://farindra.blogspot.com/