Road to Final Euro 2008

2008-06-18 Leave a Comment

Firstly I wanna say: selamat kepada tifosi azzuri atas tiketnya ke 8 besar. Italia memang pantas lolos karena memang lebih baik dari Prancis maupun Rumania, "The Ble'e Team". Saya nggak membahas lebih dalam lagi mengenai lolosnya Italia, karena saya yakin, sohib saya yang mengklaim dirinya mencintai tim azzuri sampai mati sebentar lagi akan "mengebom" friendster dengan buletin board-nya. Disini kita akan coba berandai-andai tentang semifinal.

Here we go, kita mulai dari pertandingan malam nanti untuk memperebutkan satu tiket sisa ke babak 8 besar antara Swedia dan Rusia. Menurut saya, Swedia masih lebih unggul dari Rusia, baik dari sisi kualitas pemain maupun pengalaman. Kemenangan Rusia atas Yunani kemarin memang bisa dijadikan modal, tapi dalam pertandingan malam ini, Rusia yang hanya bermodal semangat akan menyerah tipis dari Swedia.

Partai 8 Besar pertama akan mempertemukan runner-up Euro'04 Portugal melawan Juara Euro 96 Jerman. Menurut saya, Portugal, meskipun penampilannya tak terlalu istimewa, masih memiliki peluang yang lebih besar untuk memenangi pertandingan. Sedikitnya dengan marjin dua gol. Mereka memiliki pertahanan yang cukup solid dan lini tengah yang lebih "bergoyang". Hal ini bisa menutup lini depan yang "tidak berkelas". Sementara Jerman? Ok, Jerman sempre Jerman. Mereka adalah ras bangsa Arya yang sangat yakin dengan kemampuannya dan selalu bermental baja. Namun absennya Bastian Schweinsteiger lantaran kartu merah serta keras kepalanya Joachim Loew dalam memasang salah satu striker terburuk di Euro 2008 ini yaitu Mario Gomes, bisa jadi kendala. Portugal semakin berkibar!

Setelah itu, kita akan bicara mengenai Kroasia dan Turki. Ini adalah sebuah prediksi yang sangat sulit mengingat dua tim ini penuh kejutan. Lini belakang Turki akan mendapatkan ujian cukup berat dengan absennya Demirel Volkan, lantaran kartu merah tidak penting melawan Ceska. Satu kelebihan Turki adalah semangat pantang menyerahnya yang selalu membuat mereka melakukan comeback dahsyat di babak penyisihan. Lini tengah Turki akan sangat solid dan kemungkinan merekalah yang mengambil inisiatif serangan. Sementar Kroasia, tim besutan Slaven Bilic ini memang bagus di putaran grup, bahkan mereka mampu menaklukkan Jerman, tim favorit juara. Kekuatan mereka kali ini akan muncul dalam strategi bertahan yang alot. Dalam tiga pertandingan, baru Lukas Podolski yang sanggup membobol pertahanan mereka. Pertandingan bakal berakhir seri sampai level adu tendangan penalti. Dan untuk urusan yang satu ini, Kroasia lebih baik dari Turki. Kroasia melenggang mulus!

Partai ketiga mempertemukan tim yang sedang hot-hotnya, Belanda melawan jagoan Skandinavia yaitu Swedia. Well, mungkin saya selaras dengan prediksi sebagian besar masyarakat dunia bahwa Belanda masih unggul segala-galanya atas Swedia. paling tidak mereka akan menang tipis dengan selisih satu gol. Swedia tak terlalu istimewa di putaran grup, meski nyaris menahan imbang Spanyol. Namun, mereka memiliki determinasi kuat yang sering "nyusahin" tim-tim unggulan. Tapi sayang, Belanda terlalu superior untuk mereka taklukkan. Belanda melaju ke semifinal!

Partai terakhir adalah Italia bertemu Spanyol. Spanyol memiliki materi pemain yang diatas kertas lebih baik dari Italia. Namun seperti biasa, mereka belum memiliki mental hebat. Spanyol seringkali tidak konsisten dalam penampilannya. Mereka hebat melawan tim medioker, namun loyo melawan tim besar. Italia? well, menurut saya mereka masih akan bermasalah di lini belakang yang rapuh. Duet striker Spanyol terlalu ampuh untuk mereka, meskipun duet maut itu takkan mencetak gol banyak ke gawang Gianlugi Buffon. Terlebih, absennya kreator serangan Andrea Pirlo dan si badak Gennaro Gattuso akan memperlemah lini tengah Italia yang kemungkinan akan diisi Massimmo Ambrosini dan Daniele De Rossi. Sementara Simone Perrotta masih labil karena belum sembuh total dari cederanya. Dalam pertandingan kali ini, saya yakin Spanyol menang dengan skor tipis. Spanyol lolos ke semifinal!

So, what about the final? Pertempuran antara favorit juara Portugal melawan tim kejutan Kroasia akan mengawali dua laga semifinal. Diatas kertas Portugal lebih unggul, namun Kroasia bukanlah tim semenjana yang mudah ditaklukkan. Kejeniusan Felipao akan menghadapi darah muda Slaven Bilic yang menggebu-gebu. Kroasia penuh dengan kejutan, namun mental mereka tidak cukup kuat menghadapi Portugal. Portugal unggul tipis dan peluang Cristiano Ronaldo untuk menjadi pemain terbaik dunia tahun ini kian terbuka. Portugal lolos ke final!

Semifinal kedua akan mempertemukan dua tim dengan karakter menyerang antara tim oranye Belanda melawan tim matador Spanyol. Belanda merupakan tim yang paling sempurna di Euro kali ini, saya rasa mereka akan menunjukkan superioritas mereka di partai ini. Spanyol? mereka bukannya tim yang buruk, namun tetap saja, masalah mental menghantui mereka. Catat! saya memprediksi Spanyol lolos semata-mata karena hilangnya roh permainan Italia Andrea Pirlo! Spanyol akan menyerang, namun efektivitas permainan Belanda dan gemilangnya penjaga gawang Edwin Van Der Saar akan menjadi penentu Belanda lolos ke final. Belanda tak terbendung!

Jadilah perang di stadion Ernst Happel, Vienna akan menjadi partai ulangan 16 besar piala dunia 2006 lalu antara Belanda & Portugal. Sebuah pertandingan yang menyebabkan keluarnya 4 kartu merah dan 16 kartu kuning oleh Valentin Ivanov. Siapakah yang akan berjaya selanjutnya? Tunggu cerita dari saya ^_^

0 comments »

Leave your response!

Mohon untuk menyertakan nama dan identitas (alamat web) jika ingin berkomentar. Jika anda ingin ber-anonim, mohon cantumkan email dan nama anda.