Let's Talk About Friendster

2008-07-13 Leave a Comment

"andy_ari35t4 : Hi
cuncun_chantique : Hi too
andy_ari35t4 : asl.plz
cuncun_chantique : bdg, 19, f u?
andy_ari35t4 : jkt, 23, m
andy_ari35t4 : punya fs gak?
cuncun_chantique : lady_feliz@yahoo.com
andy_ari35t4 : mksudna URL-na
cuncun_chantique : http://www.friendster.com/123456"

Yah, itulah sekelumit pembicaraan di sebuah messanger di internet. Pembicaraan kayak gini udah sering banget terdengar di kuping kita kan? Ya, disitu ditunjukkin salah satu fungsi utama situs komunitas sosial yang udah marak dalam lima tahun terakhir ini di Indonesia, yaitu friendster (disingkat FS). Kata wikipedia, FS ini didirikan di Mountain View, California, United States oleh Jonathan Abrams pada Maret 2002. Fungsi utama dari situs ini emang buat nyari temen sebanyak-banyaknya di dunia maya, dan di Indonesia + Filipina, FS seolah udah jadi kata kerja. Kenapa? pasti anda semua sering denger kata-kata "friendster-an" kan?. Bahkan lima tahun lalu, saya pernah dibilang nggak gaul lantaran nggak punya FS.

Sebenernya nggak ada yang salah dengan hal itu. Boomingnya FS di kalangan anak muda di Indonesia khususnya adalah sebuah wujud keberhasilan pihak FS masarin produknya itu. Tapi ada hal yang unik dari budaya friendster di Indonesia. Yah, apalagi kalo bukan sesuatu yang sifatnya norak! :p

Entah kenapa, ketika saya melihat situs yang sama yang bernama Facebook, semakin kelihatan banget noraknya friendster. Kenapa bisa begitu? Inilah fakta-fakta menarik tentang dunia per-friendster-an di Indonesia :

Banyak orang yang nggak pake nama aslinya sebagai identitas untuk FS. Salah nggak? Nggak kok, ya terserah lah, cuman kan jadi unik aja. Contohnya gini : nama aslinya adalah Samijo, ntar dia nulisnya bisa Mr_Sammy, amy_gantenx, Sam_Djouw, dsb. Semua dilakukan semata-mata biar kelihatan keren. Maka dari itu, jangan kaget kalo begitu susahnya nyari orang atau sahabat-sahabat lama lo di FS.

Masih seputar nama. Ada juga yang nambahin banyak tanda petik (') biar kalo all connections-nya di bukak, dia muncul pertama kali atau paling nggak di halaman pertama. Contohnya gini : nama asli Samijo, ntar bisa ditulis """"Joe_gantenx, ---joe-, ``sam-djoe, dsb. Sebuah usaha pemasaran yang bagus

Abis itu kita bergerak ke bentuk tulisan. Saya nggak ngerti sebenernya apakah bahasa gaul anak muda jaman sekarang tuh bentuknya kayak gini apa nggak :

"9w p9n ketemu 0r92 y9 b5 bwt gw 5n9. . .".

atau gabungan tulisan gede-kecil kayak gini:

"MeRemEHKan aKU suNGguh KesALahaN TerBesaR daLAm HiDuPmU"

Tapi jujur, saya sering pusing sendiri baca tulisan itu. Apa karena saya sudah terlalu tua yah? Ketika menulis artikel ini, saya baru saja menginjak 22. Atau saya yang nggak gaul kali yah? :(

Selanjutnya, kita bergerak menuju lay-out FS. Coba deh anda liat, kira-kira banyak nggak layout yang warnanya nggak matching? Contohnya gini: Warna dasar itu layout item, dan tulisannya abu-abu. So, kalo mau membaca tulisan itu, kita mesti nge-blok tulisannya dulu. Belon lagi glitter text kayak gini:



atau flash yang agak brisik kayak gini (berhubung gue males browsingnya... jadi nggak ada contohnya disini :D ). Tapi, selain itu sukses bikin layout kelihatan "indah", juga sukses bikin komputer si visitor jadi lemot gara-gara mesti streaming duluan

Selanjutnya adalah Buletin Board. Sampai detik ini saya nggak ngerti kenapa orang sering bikin pertanyaan sendiri trus dijawab sendiri di Buletin Board. Padahal bukannya itu semacem kayak papan pengumuman? (padahal gue juga sering nyampah... :p) Apa itu bagian dari mode yah? atau itu bagian dari ke-stres-an jiwa lantaran kerasnya hidup di dunia ini (halah...). Contohnya begini :
> 1. 3 names thats in your mind:
> - De' Ria
> - De' Noy
> - Ka' Audi
> Smuanya kponakan gw yg lucu-lucu. Penghibur dikala Stressssssss
>
> 2. Three Things You Are Wearing Right Now:
> - kaos Oblong
> - Clana training
> - K*L"R
> lagi mau tidur nih..
>
> 3. three Things you can't live without?
> (benda???)
> - Money
> - HP
> - Computer
> '
> 4. What's your Fav. cake?
> - kue donat
> - Bolu lapis
> - Sama kue yg enak dan bikin ketagihan
>
> You must answer every question TRUTHFULLY!
> 1. Are you currently in a relationship?
> - No,
> '
> 2. Have you ever been given a rose?
> - No, tapi kalo boneka sih pernah
> '
> 3. What is your all-time favorite romance movie?
> -Waduh, apaan ya ! Kalo gw sih ingetnya judul film action. Kalo, film romance ga hafal judulnya.
> '
> 4. Have you ever been in love?
> Ya..dulu, tapi cinta monyet gitu..Hehehe
> '
> 5. Do you believe that everyone has a soul-mate?
> - Yes. Of Course


Lantas tradisi menge-add teman sebanyak-banyaknya. Kalo yang ini emang fungsi utama FS. Tapi terkadang banyak juga yang terlalu bersemangat sehingga pas kelihatan menarik sedikit sebuah profil, langsung di add sama dia. Bahkan ada yang lebih "unik" lagi, ketika dia tahu anda me-view dia, maka dia langsung nge-add anda. Tanpa intention yang jelas !!! (Ini bahasanya si Heru lho... )

Tapi semua itu belum seberapa dengan semangat juang seseorang yang ketika dia buka internet, dia langsung buka friendster, bukan yang lain (kayak jargon iklan sih...) dan juga messanger. Kegiatannya? pastilah anda bisa nebak. Menge-add lawan jenis sebanyak-banyaknya, dari kutub utara ke selatan, lantas kalo si objek menampilkan e-mail yahoo-nya, trus di add-nya lagi itu user di messanger dengan harapan bisa PDKT di YM dan akhirnya tuh cewek menjadi pendampingnya seumur hidupnya. Benar-benar low-end bukan?

Terakhir adalah tradisi forward-forward message nggak jelas. Misalnya gini, "Sebarkanlah Pesan Ini Ke 13 Temanmu, maka niscaya dosa mu akan diampuni". Sukses sih menuh-menuhin inbox, jadi nggak bisa dilihat deh mana message penting mana nggak :(

Yah gitu lah kurang lebihnya keunikkan manusia Indonesia kalo kenal sama FS. Semoga Tuhan mengampuni dosa saya karena ngecengin banyak orang. Amin.
:~

7 comments »

  • Anonymous said:  

    mbak/mas hehehe... blognya pasangi iklan biar dapat duit aku liat di search engine blog saudara lumayan teratas , ni link program bisnis yang menyediakan iklan dan kita dapat bayaran
    www.kumpulblogger.com

  • Anonymous said:  

    =)) lo emang gila deeehhhh =)) =))

  • tata50 said:  

    wakaka

    itulah gejolak sosial,, bagi yg ga mau ikut2an akan terlindas ;p

  • Hakim said:  

    artikel yang keren, uda lama aku gondok sama fs, aku "baru" 2 tahun ikut fs dengan hanya satu foto di depan, dan baru 3 bulan lalu aku terpaksa upload 3 foto lagi soalnya temen2 SMU ngumpulin foto2 nostalgia.
    mending nge-blog, bikin ilmu tercurah seluas2nya..

  • Anonymous said:  

    bner bgd lo ! kyaknya w mang terlalu gila men fs ??

    (fs) nand@jonas.co.uk

    nanda.

  • Hasbi said:  

    mantap... hahahaha.. saya setuju mas...

    yah walopun saya masih SMP kls 3... tapi saya ngartos koq apa yang di omongin...

    mayan buat introspeksi diri..

    hahahaha...

  • hendy said:  

    manenan FS di waktu sekarang bolelah dikatakan norak tapi maw bagaimana lagi....terkadang ada baiknya juga ketika berkomunikasi terhadap teman tanpa melalui HP dikarenakan privasi
    .cuman yang jadi masalahnya adl terlalu berlebihanya itu lhoo.....ahhaa

  • Leave your response!

    Mohon untuk menyertakan nama dan identitas (alamat web) jika ingin berkomentar. Jika anda ingin ber-anonim, mohon cantumkan email dan nama anda.