Trust: Melacak Saudagar Yang Hilang

2008-07-16 Leave a Comment


Trust
"Harga Sebuah Kepercayaan"
Penerbit: Serambi
Pengarang: Charles Epping
ISBN: 9789791112871
13 x 20,5 cm -536 hal. Koran - Rp. 59.900,-
Terbit: Januari 2008

Novel ini saya baca sekitar sebulan yang lalu. Novel karya seorang bankir dari Swiss yang bernama Charles Epping ini benar-benar menawarkan sesuatu yang unik. Mulai dari kisruh soal perbankan, pencucian uang, rekening perwalian, hingga cerita tentang The Black Monday pada tanggal 19 Oktober 1987 dimana indeks harga saham Dow Jones di New York jatuh secara besar-besaran (bahkan terbesar sepanjang sejarah)

Cerita diawali oleh sebuah transaksi atas rekening perwalian yang dimiliki oleh seorang saudagar kaya Yahudi dari Hongaria yang bernama Aladar Kohen atas nama Rudolph Tobler, seorang konsultan keuangan dari Helvetica Bank of Zurich di Swiss. Mereka hidup di zaman Nazi, tepatnya di era Holocaust. Aladar yang takut jika harta bendanya dirampas oleh pasukan Nazi, "menitipkan" semuanya kedalam sebuah rekening perwalian atas nama Rudolph Tobler. Rekening tersebut akan terus berada atas nama Tobler sampai sang ahli waris dari Aladar mengklaimnya.

Alur melompat ke era 2005-an dimana seorang bankir Amerika lulusan Yale University bernama Alex Payton menemukan kode aneh tentang rekening perwalian tersebut. Sebuah taruhan bodoh dengan teman kerjanya yang bernama Eric justru "menjebloskannya" kedalam sebuah permainan pencucian uang tingkat internasional yang tidak sengaja ditemukan oleh Alex. Dalam kurun waktu dua minggu, Alex pun terpaksa berkeliling dunia untuk memastikan segala sesuatunya berjalan lancar dan juga untuk mencari sang ahli waris rekening perwalian tersebut bernama Magda Kohen yang menghiang entah kemana. Dan dalam petualangannya itu, Alex harus berhadapan dengan penjahat internasional asal Brasil yang melakukan tindak pencucian uang.

Dalam novel ini terlihat dengan jelas bagaimana kerahasiaan dan birokrasi Bank Swiss yang membuat banyak oknum ingin melakukkan pencucian uang. Dalam buku ini, uang terkesan tidak berharga. Istilah perbankan yang digunakkan benar-benar menunjukkan karakter dari cerita ini. Hanya saja sayang, alur cerita ini terlalu monoton sehingga sedikit banyak sudah tertebak oleh para pembacanya. Tapi untuk ukuran novel debutan, Epping telah menghadirkan selera baru bagi dunia novel thriller.

0 comments »

Leave your response!

Mohon untuk menyertakan nama dan identitas (alamat web) jika ingin berkomentar. Jika anda ingin ber-anonim, mohon cantumkan email dan nama anda.