Asterix at The Olympic Games

2008-08-21 Leave a Comment

Bagi para fakir benwit, harap berpikir ribuan kali untuk membuka halaman ini.




Gebyar bintang cameo. Itulah yang kesan pertama saya menonton film ini bersama Mulyanton ketika tak direncanakan, kita nyasar ke IKJ. Anda bisa bayangkan, dalam sebuah film dimana para cameonya justru lebih populer daripada aktor utamanya. Film ini memiliki dana sebesar € 78 juta yang membuatnya sebagai film termahal di Eropa[1]. Film ini merupakan sebuah film bergenre drama yang digarap oleh sutradara Frederic Forestier dan Thomas Langmann dan pertama kali rilis 25 Januari lalu di Polandia. Disana saya mencatat setidaknya ada tujuh cameo yang tak sekedar "mampir", tapi juga memiliki peran dalam cerita itu, yaitu
  • Adriana Sklenaříková, model kenamaan asal Slovakia yang juga merupakan istri dari pesepakbola Christian Karembeu yang pernah dinobatkan sebagai pemilik payudara terindah di dunia tahun 2000 oleh majalah FHM. Disini Adriana berperan sebagai Mrs Geriatrix. Istri dari orang Galia tertua yang masih hidup (93 tahun) dan punya jiwa "patriot" karena selalu ingin berada di garis depan, yaitu Geriatrix.
  • Michael Schumacher, Sang Pembalap Formula 1 terbesar dalam abad ini (menurut saya) juga ikut ambil bagian untuk berperan sebagai Schumix, peserta Olimpiade cabang balap kereta kuda yang mewakili bangsa Germania.
  • Zinedine Zidane, Pesepakbola legendaris Prancis yang sudah pensiun. Anda pasti mengenalnya. Dia berpean sebagai Zidanis, orang Yunani yang pandai memainkan bola dengan kakinya.
  • Tony Parker, bintang NBA asal Prancis yang membela San Antonio Spurs, dia berperan sebagai Tonus Parker. Kali ini, ia juga unjuk kebolehan bersama Zidanis dalam memainkan bola.
  • Amelie Mauresmo, eks petenis putri nomor satu dunia asal Prancis yang berperan sebagai Amélix. Amélix juga unjuk kebolehan dalam memainkan bola dengan raketnya.
  • Jean Todt, direktur eksekutif Ferrari yang berperan sebagai operator bagi Schumix dalam balapan kereta kuda, layaknya balapan F1.
  • Jérôme Le Banner, atlet kickboxing dari Prancis yang berperan sebagai Gluteus Maximus, atlit Roma.
Jalan Cerita

Sebenarnya bagi saya, jalur ceritanya itu jauh dari kata luar biasa. Karena akhir dari ceritanya cukup mudah tertebak. Namun ada beberapa kejutan-kejutan di tengah cerita yang membuat saya tertawa terbahak-bahak. Begini, cerita diawali dari seorang Galia yang bernama Kasmaranix (Lovesix atau Alafolix, versi Bahasa Inggris : Diperankan oleh Stephane Rousseau) yang jatuh cinta kepada puteri Raja Jahanamus (Samagas) dari Yunani yang bernama Putri Irina (Diperankan oleh Vanessa Hessler). Ia terus mengirim puisi-puisi gombalnya yang "nggak banget" kepada tuan putri sehingga tuan putri jatuh hati, di cerita tersebut, dikatakan bahwa Kasmaranix rela menempuh perjalanan kaki 3 bulan demi menemui Putri.

Sayang, Brutus (yang tampangnya sekilas mirip dengan Antonio Cassano), putra Julius Caesar juga menaruh hati kepada sang putri. Brutus adalah orang yang semena-mena, dan dia ingin melamar sang putri. Kasmaranix yang merasa tersaingi menantang Brutus bahwa pemenang Olimpiade, suatu pesta olahraga multievent empat tahunan yang diadakan kerajaan Yunani masa itu, akan mendapatkan cinta sang putri, meskipun sang putri sudah menaruh hati pada Kasmaranix.



Asterix & Obelix (bersama anjingnya Dogmatix) lalu membantu Kasmaranix dan menjadi anggota kontingen Galia untuk bertanding melawan kontingen Mesir, Germania, Yunani, Viking, Hispaniola, & Roma. Akhir ceritanya, anda mungkin sudah memperkirakan setelah membaca tulisan ini.

Kejutan-Kejutan

Apakah anda pernah membayangkan bahwa lomba balap kereta kuda pada era 50 tahun sebelum masehi menggunakan pit stop layaknya balap Formula 1? Nah, inilah gabungan nuansa klasik & modern yang coba ditawarkan dalam film ini. Jadi begini, tiba saat lomba terakhir dalam Olimpiade empat tahunan tersebut yaitu Lomba Balap Kereta Kuda. Lomba ini adalah lomba yang paling menentukan karena pemenang lomba ini didaulat akan mendapatkan Putri Irina. Brutus sudah bersiap dengan ramuan Peracix (Getafix) yang didapatkannya setelah menculik Peracix dalam konferensi dukun internasional. Kejutan terjadi di tim Germania, dimana kereta kudanya dipoles dengan kerangka body Ferrari yang berwarna merah. Jokey dari kereta tersebut adalah Schumix yang diperankan oleh Michael Schumacher. Schumix memiliki operator di pinggir sirkuit yang diperankan oleh Jean Todt. Hasilnya? silakan anda lihat di filmnya.

Kejutan lainnya adalah kemunculan Zidane, Parker, Adriana, & Mauresmo di akhir film. Sayang, saya tidak boleh mengambil screenshoot mereka. Adegan mereka muncul ketika pesta setelah Olimpiade, para juri yang saat itu menciptakan permainan feetball alias bola kaki, bingung bagaimana cara memainkannya. Pertama, mereka memainkannya dengan raket dari akar rotan. Nah, disini muncullah Amelix dengan gayanya bak bermain tenis. Setelah itu bola yang dipukul Amelix ternyata nyasar ke kaki Zidanis dan terakhir Tonus Parker.

Selain itu, kisah cinta Dogmatix, anjing Obelix dengan anjing putri Irina juga memperlihatkan romantisme yang jenaka. Mereka seolah tak mau kalah dengan kisah cinta Kasmaranix dan Irina.

Kejutan selanjutnya adalah datang dari nama tokoh. Anda mungkin agak aneh dengan nama Kasmaranix, Peracix, Jahanamus, dll. Jadi nama tokoh disesuaikan dengan bahasa dubbingnya. Sebagai contoh adalah Cacofonix, musisi payah dari Galia yang selalu mengklaim dirinya hebat itu diberi nama Berisix. Lalu ada juga nama-nama seperti Iwanus Falix (lantaran dia menganggap suaranya Fals), Bikinmampus, Tutupmulutus, dll .

Kejutan terakhir, saya tidak bisa cerita disini. Silakan anda tonton filmnya, OK? Berikut adalah beberapa screenshoot yang saya comot dari website sebelah



Tambahan dari skrinsut DVD Bajakan, Diperoleh 24 Agustus 2008 :











[1]Datanya dari sini

Gambar diambil dari sini

24 comments »

  • Fajar Indra said:  

    Pkoke mak nyus, meskipun agak kriuk-kriuk ;))

  • Anonymous said:  

    mas fajar fans asterix ya?

  • cena said:  

    saya juga ngefans sama asterix nih....mau cari ah

  • koechel said:  

    kalau asterik mah gue suka ama ceweknya.hahahaha

  • Tukang Nggunem said:  

    langsung nyari donlotan gratisnya...hahaha...maklum saya penikmat film yang gak modal...

  • Fajar Indra said:  

    @ anonymus :
    wah.. sampean pasti orang Yunani ya? kok namanya pake mus :p **Keracunan Asterix**

    @ cena :
    mau cari donlotannya ya... :p

    @ koechel :
    ya iyalah... secara ceweknya mak nyusss gitu 8-}

    @ Tukang Nggunem :
    kalo dah dapet bagi-bagi ya, lumayan buat koleksi :D

  • JoVie said:  

    wah..kayaknya asyik filmnya..Jovie nunggu CD bajakan terbit, atau nunggu temen nyewa di rental...jadi biar bisa Gratis nonton..
    yiihaa..

  • apiscerana said:  

    wah...
    dari game taunya nih..
    tapi klo cameonya banyak gitu jadi pengen nonton...

    sama kaya k jovie aja ah...
    klo ada yang piracy bagi-bagi dunk..
    yihaa....

  • Anonymous said:  

    bang, tolong cariin link downloadnya sekalian ya. thank you.

    ``dimazz``

  • Rierie said:  

    bunda udah baca komiknya, nontonnya tunggu jovie dapet cd pinjemannya dech

  • `.¨☆¨geLLy¨☆¨.´ said:  

    wuih kEreN Nich..:X
    sewa dvd dulu...

  • Daniel GM said:  

    ud nonton kayanya... he he...

  • apiscerana said:  

    klo dapet link donlotnya bagi-bagi yah...

    gue penggemar komiknya...

  • Fajar Indra said:  

    @ semuanya :
    Saya juga nyariin link donlotannya nih... ya udah... saling membagi info aja ya buat yang dapet ^_^

  • The Armstrong said:  

    wah kmaren gw mao sewa neh pilemnya tapi kagak jadi... hmmm besok sewa ahk... keknya bagus... :D

  • Elsa said:  

    wah, aku ngefans banget sama asterix dan obelix, tapi paling ngefans sama IDEFIX. lucu banget sih...

    kalo cameo nya kayak gitu, pasti filmnya gak kebayang gimana lucunya.
    jadi pingin nonton juga nih....

  • apiscerana said:  

    wah.. weekend enaknya nonton film konyol...

    cari ah....

  • Anang said:  

    aku suka maen gamenya asterik obelisk aja deh

  • Fajar Indra said:  

    @ armstrong, elsa & apiscerana :
    udah ketemu blom ? :p

    @ elsa lagi :
    gantengan lagi cacofonix, bisa nyanyi :p

    @ anang :
    wah.. sayangnya saya blum prnah main game-nya. kapan-kapan ajarin ya :D

  • enhal said:  

    film yang pernah saya tonton sampe 10 kali karena senangnya

  • FIRMAN BLOG'S said:  

    saya juga udah nonton, ceritanya lucu n seru...
    =))

  • Fajar Indra said:  

    @ all :

    udah dapet dividi bajakannya yey... :))

  • kapanpun said:  

    kalo di suruh milih ZIDANE aza dech dia emang top abis dah mau liat aksinya ah

  • Leave your response!

    Mohon untuk menyertakan nama dan identitas (alamat web) jika ingin berkomentar. Jika anda ingin ber-anonim, mohon cantumkan email dan nama anda.