Jelang United vs Porstmouth: Duel Antar Kakek-Kakek

2008-08-10 Leave a Comment

Kolom: Fajar Indra[1]


Finally, setelah sempat vakum dari acara sepakbola berkualitas selama sebulan lebih, kita kembali bisa menyaksikan sebuah pertarungan yang menjadi gerbang pembukaan liga paling tersohor di dunia di bumi Ratu Elizabeth yaitu FA Community Shield. Dan dipertarungan pembuka tersebut, akan saling bertanding antara Portsmouth, kampiun Piala FA musim lalu, melawan salah satu tim terpopuler di dunia Manchester United[2], sang peraih double winner, yaitu juara Liga Premier Inggris dan Liga Champions musim lalu.


Pertemuan kedua tim ini pastinya akan menarik karena diselingi oleh beberapa hal. Yang pertama adalah pertemuan antara Opa Fergie (66) dan Opa Harry (61). Nama terakhir adalah otak dibalik kesuksesan The Pompeys membekuk United di perempatfinal FA Cup di Old Trafford Maret silam. Pertemuan mereka menarik karena mereka adalah salah dua satu dari manajer tim paling senior di Liga Inggris saat ini. Pertarungan kedua anak buah mereka akan sangat menarik melihat Fergie yang sangat jenius dalam meracik strategi, serta kemampuan Harry dalam memotivasi pemainnya yang secara kelas masih berada di bawah Fergie Babes

Meski demikian, kedua tim ini mengawali perjalanannya dengan badai cedera. Portsmouth misalnya, pompeys harus kehilangan holding midfielder Lassana Diarra dan gelandang Sean Davis karena cedera. Hal ini dirasa sulit bagi pompeys karena mereka tidak memiliki cadangan stok pemain sebanyak United. Meski demikian, pompeys yang saya perkirakan akan tampil dengan format baku 4-4-2, akan mengandalkan gelandang serang asal Portugal yaitu Pedro Mendes dan bintang baru Kroasia yaitu Niko Kranjčar untuk menggedor lapangan tengah United. Dua nama inilah yang menjadi momok menakutkan bagi United musim lalu ketika mereka harus rontok dari pompeys 0-1 di Old Trafford yang diselingi oleh kartu merah Tomasz Kuszczak. Hal yang paling disayangkan adalah hengkangnya Sulley Muntari ke Inter Milan karena gelandang bertahan berusia 23 tahun asal Ghana tersebut adalah man of the match pada "malam naas" di Old Trafford saat itu.

Pompeys akan mengandalkan bek veteran Sol Campbell untuk menggalang pertahanan bersama Sylvain Distin, Lauren, dan Hermann Hreiðarsson untuk melindungi gawang David James dari kebobolan. Sementara penyerang anyar mereka seharga 11 juta pound sterling yaitu Peter Crouch, akan coba menggedor jala lawan bersama eks kompatriot-nya di timnas Inggris yaitu Jermain Defoe. Mereka akan dibantu sayatan Arnold Mvuemba dari sisi kanan.

Red Devills sendiri bukannya tanpa masalah, absennya Cristiano Ronaldo yang baru turun dari meja operasi plus Owen Hargreaves, Louis Saha, dan Park Ji Sung karena cedera engkel juga menyisakan lubang bagi United. Ditambah lagi, Nemanja Vidic, Paul Scholes dan si badak Wayne Rooney juga masih berstatus doubtful. Belum lagi playmaker muda Anderson yang harus membela seleccao di Beijing.

Lini belakang United masih akan bergantung dengan sang jendral Rio Ferdinand. Pulihnya sang kapten Gary Neville memang memberikan angin segar bagi pertahanan United. Setidaknya, sekarang mereka mendapatkan tambahan pilihan. Pemain senior Ryan Giggs pun dipercaya mengawal lini tengah United. Yang menarik disini adalah kemungkinan dipasangnya seorang youngster Frazier Campbell, pemain yang mempesona ketika United melakukan pertandingan pre-seasonnya di Afrika Selatan bulan lalu meski kemungkinan dia akan turun di babak kedua menggantikan Carlos Tevez.

Perkiraan saya, United akan tampil dengan pola 4-2-3-1 dengan Tevez sebagai penyerang tunggal. duet John O'Shea dan Michael Carrick akan mewarnai sentral permainan United sekaligus memberikan kesempatan kepada Darren Fletcher untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Ronaldo. Nani akan mencoba berkolaborasi dengan Patrice Evra dari sisi kiri dan Wes Brown akan membantu Ferdinand mengamankan gawang Edwin van der Saar, berikut adalah prakiraan formasi Manchester United dan Portsmouth dalam pertandingan malam nanti (minggu malam) di Star Sport jam 9 malam:

Manchester United (4-2-3-1)
[K] : Van der Saar; [B] Neville, Brown, Ferdinand, Evra; [T] O'Shea, Carrick, Fletcher, Giggs, Nani; [D] Tevez

Portsmouth (4-4-2)
[K] : James; [B] Lauren, Campbell, Distin, Hreiðarsson; [T] Mvuemba, Mendes, Bouba Diop; Kranjčar; [D] Crouch. Defoe

Prediksi saya? Singkat saja. Pertarungan akan ketat di lini tengah. Badai cedera yang dialami United sedikit banyak akan mengurangi kekuatan mereka. Tapi United is United, mereka lebih memiliki mental juara dibandingkan Pompeys. Secara obyektif, saya lihat peluang kemenangan adalah 51-49 untuk Manchester United.



[1]Penulis adalah fans berat Manchester United
[2]Data dari mirror.co.uk
[3]Foto Sir Alex Ferguson diperolah dari sini, sementara Harry Redknapp dicomot dari sini




1 comments »

  • Anonymous said:  

    Congratulation and Celebration... United won by penalty shootout


    --United Fans--

  • Leave your response!

    Mohon untuk menyertakan nama dan identitas (alamat web) jika ingin berkomentar. Jika anda ingin ber-anonim, mohon cantumkan email dan nama anda.