Transfer Mengecewakan Red Devils

2008-09-02 Leave a Comment



Akhirnya, setelah dibuka 1 Juli lalu, bursa transfer musim panas sepakbola eropa tahun ini resmi ditutup malam tadi. Dua transfer besar mewarnai penghujung agenda transfer, yaitu hengkangnya sayap elegan Robinho dari Real Madrid ke Manchester City seharga £ 32.5 juta serta Dmitar Berbatov dari Tottenham Hotspur ke Manchester United seharga £ 30.75 juta. Kedua pemain tersebut berhasil menembus jajaran 10 besar transfer termahal di dunia sepanjang sejarah. Nama pertama bahkan adalah transfer termahal dalam sejarah Liga Inggris. Daftar 14 pemain termahal di dunia bisa dilihat disini.

Bisa kita lihat, bagaimana kekuatan uang sangat mendominasi perburuan pemain bintang. Bahkan bintang sekelas Robinho saja, bersedia hengkang ke klub yang "tidak jelas" seperti Manchester City. Memang, The Citizen telah menjadi kaya secara mendadak ketika klub ini diakuisisi oleh Abu Dhabi United Group dari tangan mantan diktator Thailand, Thaksin Shinawatra. Bahkan berbagai media di Inggris santer menyebutkan bahwa The Citizens akan menjadi Chelsea yang baru, alias klub bergelimang bintang.

Kehadiran The Citizens sebagai kuda hitam Liga Inggris musim ini memang patut diperhitungkan selepas transfer briliannya terhadap Robinho. Nyaris semua pesaing Manchester United di Liga Inggris (kecuali Liverpool) melakukan transfer yang brilian musim ini, baik dalam hal membeli pemain maupun menjual pemain. Justru, saya sangat kecewa dengan hasil transfer yang dilakukan Sir Alex Ferguson yang menurut saya sangat tidak pas. Keputusan merekrut Dmitar Berbatov (27 tahun) adalah puncak kekecewaan saya terhadap Red Devills. Selama ini, saya selalu berpendapat bahwa bursa transfer itu adalah awal dari perjalanan sebuah tim untuk merengkuh gelar juara. Sama halnya dengan registrasi on-line di kampus saya.

Mengapa saya kecewa dengan transfer yang telah dilakukan United? Karena dua hal, boros dan tidak taktis. Boros karena bagi saya, pembelian Berbatov dengan harga £ 30.75 juta itu terlalu berlebihan. Mungkin United terjebak oleh permainan tarik ulur yang selama ini memang diperagakan pihak Spurs. Saya memang menaruh respek pada Berbatov yang telah membuat 121 gol dalam 274 pertandingan profesionalnya bersama Tottenham, CSKA Sofia, dan Bayer Leverkusen karena dirinya memang seorang striker yang komplit, seperti halnya Zlatan Ibrahimovich. Namun bagi saya, harga yang pantas bagi Berbatov ada pada range £ 20-24 juta, itupun sudah menghitung harga pasar yang rusak akibat transfer bodoh Robbie Keane oleh Liverpool seharga £ 19 juta (ditambah £ 3 juta, tergantung penampilan). Memang, Red Devils sangat membutuhkan striker pasca hengkangnya Louis Saha ke Everton, namun dengan harga setinggi itu, sulit di terima akal. Saya justru khawatir Berbatov akan menjadi Ruud van Nistelrooy kedua ketika seluruh permainan bakal tersentralisasi kepadanya. Transfer Berbatov sendiri menyisakan berbagai kontroversi.

Selain boros, saya juga menyesali sikap Fergie yang berkeras untuk tidak menambahkan satu gelandang serang yang kreatif sebagai alternatif ketika sang bintang Cristiano Ronaldo harus absen. Harus diakui, meskipun Red Devills terkenal dengan permainan kolektifnya yang memukau, tanpa CR7 mereka bagaikan setan ompong. Empat pertandingan awal dengan total 3 gol yang dihasilkan, masing-masing 2 gol oleh Darren Fletcher dan 1 gol oleh Nemanja Vidic adalah suatu hal yang tak terbantahkan. Paul Scholes dan Ryan Giggs sudah termakan usia, Nani masih belum bisa menunjukkan kedewasaannya. Sementara Anderson sangat labil karena masih terlalu muda. Fletcher? kualitasnya masih jauh dari harapan. Saya sangat memimpikan pemain sekelas Wesley Sneijder atau Bastien Schweinsteiger bisa bergabung dengan skuad Old Trafford, tapi semua hanyalah mimpi.

Doa saya adalah, semoga Berbatov bisa berperan sebagai goal getter bagi MU musim ini. Suatu peran yang dijalankan oleh Cristiano Ronaldo musim lalu. Apapun itu, I'd say,'Welcome to the Theater of Hell, Dmitar!'





Foto Berbatov Courtesy dari situs http://www.telegraph.co.uk/

30 comments »

  • Fajar Indra said:  

    :(( gue ga yakin United bisa sukses lagi tahun ini :((

  • Anonymous said:  

    Hahhaaa.. fans berat MU y mas??

    Saya gak ngerti ama bursa transfer ini.. gak pernah ngikutin...

  • Anonymous said:  

    gimana kalo AC Milan ajah ;;)

  • Syamsul Alam said:  

    Saya gak begitu suka bola...

    Tapi mas Fajar ini demen banget sama bola sampe dianalisis sebegininya... duh-duh...

    Bocah UI itu ternyata kayak gini, ya.... tehehehe....

  • Anonymous said:  

    setuju neh kang,
    Berbatov ga worth dihargain segitu, tapi emang si fergie dah ngebet sejak beberapa tahun yg lalu. but i don't give a shit, secara bukan fans MU gt loh, jadi ya biarin aja mereka buang2 duit, hehehe

    salam dari liverpudlian
    you'll never walk alone

    piss ah

  • Anonymous said:  

    Aku juga ga mudheng2 amat sama bola tp alangkah bahagianya kl yg berprestasi itu klub2 bola di Indonesia. Saya walo bukan fans soccer tp sering iri je sama negara lain yg punya klub bola bagus2. Mbok ya o mas fajar kasih sumbang ide dan saran ke PSSI gimana sepak bola kita bisa maju (tp jgn beli pemain asing lho yo. Saya mah daripada liat Julio Lopez/PSIS mending liat Ribut Waidi). Kl yg maju sepak bola di Inggris, Italy, Spanyol mah ga nggumun, walo pake transfer2an sampe jutaan euro.

  • Anonymous said:  

    wah klo gw kapan ya bisa digaji sebanyak itu..wkwkwkw

  • MBAH IM said:  

    Liga Inggris sekarang memang oke dengan jajaran bintang-bintang kelas dunia plus pelatih-pelatih besar. Tetapi ada yang hilang disini, uang telah banyak bicara dan berada diatas segala-galanya. Pemain dan pelatih mngejar gaji tinggi. Klub-klub besar memainkan uang sedemikian rupa. Kekuatan kadang terasa timpang antara klub besar dan kecil. Pemain Inggris Raya pun kadang hanya menjadi penonton di tanahnya sendiri. Lihat saja Arsenal yang lebih berwarna Perancis daripada Inggris, hanya menyisakan seorang Walcott yang pribumi disana. Saya benar-benar merindukan kick n rush yang dulu dengan penontonnya yang sangat berjibun dan sangat lepas.....

  • Azwar said:  

    kalo menurutku bergabungnya berbatov bukan merupakan sebuah blunder buat fergie, dikarenakan pemain ini adalah top incaran para club besar dan sekaligus penambah amunisi bagi lini depan MAN UTD. Rooney dan teves memang ada tapi penyerang yang punya naluri gol seperti Berbatov sangat di butuhkan oleh reds devil,

    Penyerang ini jago dalam duet udara, dan pundak, kaki, lututnya, bahkan tumitnya pun klo di depan gawan, dapat BOLA GOOOOOOLLLLLLLLLLLLL

    regards

    FANS MAN UTD FERGIE

  • Anonymous said:  

    kalo saya kok gak gitu peduli MU mau beli siapa kek, soalnya saya udah cinta mati ma chelsea...dan saya seneng banget si deco langsung bisa jadi maennya...awas wae MU...hehehehe

  • Fajar Indra said:  

    @ Wendra :

    yoa dong, pemuja setan gitu loch...

    ::anak gaul mode-on::

    @ mbak senja :

    itu musuh besar saya :p

    @ Syamsul Alam :

    wah.. sampean berlebihan... saya bisa menulis itu bukan karna saya UI, tapi karena sering main Football Manager plus bacain koran Bola. :p

    @ Arielz :

    Don't worry liverpudlian, you'll always walk alone =))

    @ eeda :

    wes kesel mbak ngritik PSSI. Gimana ndak, lha wong ketuanya aja memimpin PSSI dari balik penjara =))

    @ Erwin :

    nek sampean sudah tidur, terus bermimpi indah :p

    @ Mbah Iim :

    sama mbah, saya juga rindu :((

    @ Kapanpun :

    iya, tapi kemahalan :(

    @ Tukang Nggunem :

    kita lihat, siapa yang tertawa di akhir :p

  • Anonymous said:  

    tenang bro, ferguson itu udah megang MU lama bgt, dia tau lah yg cocok ke MU. menurut saya sih ini cocok2 aja, krn tevez ama rooney itu terlalu pemarah. Berbatov juga teknik di udaranya cihuy kok

  • Anonymous said:  

    wew. skuad setan merah makin moncer aja. makin sering begadang neh rasanya

  • Acyhome said:  

    wah keren ya, cuma dari hoby maen bola bisa jadi orang paling tajir,great, coba indonesia juga begitu :)

  • ebleh 182, Indonesia blogger said:  

    Kapan ya pemain INDONESIA di kontrak Si setan merah ini??

  • Anonymous said:  

    wualah...jadi disini, boal maniak pade ngumpul...hhooooo

    salam persaHabaatn..
    maju teus the blues..hehe, boleh khan

  • Nanoq da Kansas said:  

    kecewanya gak usah lama-lama. begitulah BISNIS olahraga, terkadang gak jelas, yang dibela itu sebenarnya olah raga (sepak bola) atau hanya si pemilik dana, atau sensasi demi menjaga popularitas. tetapi, ya, gak usah kecewa lama-lama, untuk sepak bola seukuran inggris dan erofa, keindahan permainan di lapangan akan cukup mengobati rasa gregetan di hati. salam! :)

  • Admin said:  

    saya ragu kalao berbatov akan mampu melakukan seperti apa yang telah dilakukan ronaldo musim lalu. namun pembelian ini cukup baik buat MU, sebab tidak ada yang menyangkal kalo MU saat ini butuh seorang striker yang benar-benar paten. bukan berarti ronny dan teves tidak paten tapi kedua striker itu terlalu monoten, artinya kalo fergoson terus memainkan mereka strategi dan taktik MU musim ini akan mudah terbaca oleh lawan-lawannya. liahatlah barcelona dua musim lalu.
    seperti MU sekarang mereka juga menyabet 2 gelar paling bergengsi ditahun yang sama, anmun mentah ditahun berikutnya.

  • Anonymous said:  

    Wah lg ngomongin apa nih saya ngga ngerti bola :))

  • Afif Amrullah said:  

    coba aj MU beli Jajang Mulyana, pasti lini depan MU akan lebih tajam.

  • Anonymous said:  

    buat Panda asal Torres ma Gerrard tetep di Liverpool dah cukup buat Panda seneng :)

  • The Diary said:  

    wah ngomongin soal bola ya??? wah ndak mudeng hehehe

  • Anonymous said:  

    keren bos...... bahasanya lugas dan terpercaya..
    informasinya pun faktual bgt..
    asli keren nih postingan..

  • Anonymous said:  

    Waduh...
    bos harusnya robinho ke mu aka kali yah, padahal gw seneng bgt tuh ama dia kecil tapi lincah dan sontekannya itu keren bgt.

    Ngapain ya ke machester city wah aneh2 aja

  • Fajar Indra said:  

    @ bayu aditya & gus :
    iya, tapi kemahalan.

    @ acy & ebleh :
    tunggu kalau cucu saya sudah lahir :p

    @ awan clikerz $ panda :
    boleh-boleh... silakan saja... siapa yang tertawa paling akhir nantinya :p

    @ azhari :
    itulah kekhawatiran saya bung :|

    @ taktiku :
    lagi ngomongin harga bola, :p

    @ afif amriulah :
    jajang mulyana udah di arsenal, gantiin Theo Walcott

    @ nanoq :
    masalahnya kita ga bisa nonton mereka lagi :((

    @ Lyla :
    ups... cowok only... huehuehuehue

    @ Rofie :
    hasil contekan juga kok :)

    @ Locksmith :
    setujuuuu, apalagi gratisan :p

  • Anonymous said:  

    Saya kira tidak berlebihan kalau dilihat dari permainan berbatov yang stabil selama membela totenham, dilihat dari umur masih layak kok sebab umur 26 sampai 30 adalah masa emas pemain bola.
    berbatov juga top kok di FM 2008,aku pegang tottenham malah sampe umur 31 dan ditawar MU dengan harga lebih gede dari tawaran itu, hehehehehehe

  • JoVie said:  

    Jovie mau dunks kaos nya..kaos yang dipegang ituh...

  • Anonymous said:  

    Mungkin memang harga ini yang harus dibayar Fergie untuk mempertahankan gelar musim ini. Mahal memang. Saya pikir Fergie condong ke DB9 karena sudah terbiasa dengan atmosfer Premiership dibanding sticker lain, jadi gak perlu adaptasi lagi.

    Btw glory glory glory MU.
    Salam tuk blogger pecinta sepakbola

  • Anonymous said:  

    wah MU makin gile dong!! ~x(
    wah robinho pindah!! muda-mudahan bisa makin keren di liga inggris. terutama buat nyaingin tenarnya si C . Ronaldo

  • Anonymous said:  

    Sama kecewanya dengan saat Chelsea melakukan transfer bodoh untuk Ballack dan Sevchenko yang ternyata juga gak terlalu bersinar :-)

  • Leave your response!

    Mohon untuk menyertakan nama dan identitas (alamat web) jika ingin berkomentar. Jika anda ingin ber-anonim, mohon cantumkan email dan nama anda.