Congratulation, Barack !!!

2008-11-05 Leave a Comment

"It's been a long time coming. But tonight, because of what we did on this day, in this election, at this defining moment, change has come to America,"
Barack Obama


Itulah sekelumit kutipan dari pidato kemenangan sang "penguasa dunia" yang baru yaitu Barack Obama dihadapan sekitar 100.000 pendukungnya di Chicago's Grant Park, AS. Dari sekitar 24 kalo ia menyebut kata-kata change dalam debat terbuka, mungkin inilah kata-kata change yang paling dinanti oleh Obama Mania. Sejarah akhirnya terjadi setelah presiden ke 44 AS ini merupakan presiden kulit hitam pertama yang memenangi pemilu. Dunia pun dilanda euforia perubahan, hembusan kata-kata Martin Luther King jr yaitu "I have a dream" seolah telah menjadi nyata, ketika seorang blasteran Amerika-Kenya berhasil merasakan empuknya kursi-kursi gedung putih.

Congratulation, hanya itulah yang ingin saya ucapkan untuk Barack Obama & Joe Biden. Secara emosional, orang Indonesia memang lebih mendukung kemenangan Barack Obama yang juga dikenal sebagai Barry Soetoro ketika masih di Menteng. Obama menaklukkan pesaingnya John McCain dengan persentase suara 52% - 47%. Dalam penghitungan CNN, Obama telah meraup 338 electoral vote dan McCain mendapatkan 160. Untuk menjadi presiden AS, para kandidat harus mengumpulkan setidaknya 270 electoral vote.


Harapan pun muncul, kemenangan Obama seolah merupakan simbol runtuhnya tirani dunia. Bahkan di gereja-gereja dan bar-bar, jalan-jalan dan rumah-rumah pribadi, warga Amerika keturunan Afrika merayakan kemenangan bersejarah kandidat Demokrat Barack Obama sebagai presiden AS dengan sambutan hangat dan lelehan airmata.[1] Obama memang seorang yang sangat anti perang dan lebih humanis dibandingkan George W Bush. Tapi sebaiknya jangan terlalu berharap banyak dari Obama. Saya kurang sreg dengan apa yang disampaikan presiden SBY disini. Obama mungkin akan memberikan perubahan, tapi saya rasa, apa yang dilakukan Obama tidak akan selalu memihak ke Indonesia.


Kemenangan Obama juga disambut oleh bullish-nya pasar di AS. Dari data Bloomberg, tercatat hampir semua indeks mengalami kenaikkan. Hal ini menunjukkan adanya sebuah harapan baru akan kepemimpinan Obama yang mampu mengatasi krisis ekonomi di AS akibat subprime mortgage. Jika memang Obama dengan tim ekonominya mampu mengatasi krisis ekonomi dunia, itu akan menjadi nilai plus bagi dirinya dan Biden tentunya.

McCain Akui Kekalahan

"This campaign was and will remain the great honor of my life, and my heart is filled with nothing but gratitude for the experience and to the American people for giving me a fair hearing before deciding that Sen. Obama and my old friend Sen. Joe Biden should have the honor of leading us for the next four years."
John McCain


Sementara di Arizona, John McCain sendiri mengakui kekalahannya secara fair terhadap Barack Obama. Ia mengatakan, kampanye ini merupakan penghargaan yang tak terhingga baginya dan sudah sepantasnyalah Obama dan Biden memimpin AS untuk lima tahun kedepan. Selanjutnya, ia meminta para pendukungnya untuk tetap mendukung Obama sehingga pemerintahan dalam lima tahun kedepan adalah yang terbaik. Dengan demikian, mungkin kita akan jarang menyaksikan wajah cantik Sarah Palin dalam kancah perpolitikan dunia.

Tidak, saya tidak ingin membandingkan sportivitas mereka dengan pilkada kampung yang terjadi di Maluku Utara, Kupang, kisruh salah satu partai besar Indonesia, dan (mungkin) "pilkada" Indonesia 2009 nanti, karena hal itu jelas sangat berbeda. Uuuhh... I hate them so much, ass-hole !!!

Salam Change We Need,





[1]http://www.kompas.com/
[2]Foto pidato John McCain dicomot dari sini.
[3]Foto pidato Barack Obama dicomot dari sini

13 comments »

  • ikan ayam said:  

    wow, yeaahhh!!
    bukti besar : pigmen melanin tidak berbanding lurus dengan ketidakbisaan dalam hal apapun
    (opo to yoo... yoo...)
    *ngumpet*

  • Britany Alasen sembiring said:  

    barack obama...new challange is waiting...
    I hope every moment become unforgettable towards great movement...

    Salam...Britany.."change in our mind"(www.britany04.blogspot.com)

  • sakti soediro said:  

    ngakak di paragraf terakhir, ah simasnya mah bisa ajah...*culek

  • Bazoekie said:  

    yang paling aku tunggu sih kiprah dia menyelesaikan benang kusut timur tengah, terutama palestina.
    akan keliatan sosok dia sebagai "pure amerika" atau "new amerika".
    jejak clinton telah benar2 dihapus oleh bush, kita tunggu gimana si Barry bertindak.
    salam damai...

  • Keris said:  

    Moga harapan baru membawa perubahan yang lebih baik nantinya :)

  • papapam traffic said:  

    Kutunggu jandamu eh janjimu..mas Bam

  • Tendangan Bebas said:  

    negara...negara mana yg gak pernah kelaperan ???


    negara moyangnya Obama .... KENYAng

  • Fajar Indra said:  

    @ all : mari semuanya kita tunggu aksi om Barry Soetoro, dan kita sebaiknya ga usah nagrep-ngarep banget :p

  • arielz said:  

    mudahan bisa membawa perubahan ke arah yg lebih baik, tinggal satu neh jago saya, bu khofifah di pilgub jatim, mudahan bisa ngikutin jejak kang barry

  • eeda said:  

    Mudah2an Mr Obama cepet2 nyeselein masalah dalam negerinya deh. Soalnya imbasnya ke sini juga kl amerika chaos. Salah sendiri pemerintah kita USA minded bgt. ,
    Kl soal sportivitas, well...masih perlu banyak belajar deh kayaknya. Saya bisa memastikan stl hasil pemilu 2009 diumumkan, pasti ada yg menggugat ''Keabsahan pemilu 2009'' GUBRAK

  • Irfan said:  

    Yang gue heran sama Indonesia... Euforia Obama menang terlalu di lebih2kan sampe ada di Infotainment... Si Saipul Jamil pake dateng ke SD bekas Obama dulu sekolah disana... Seakan2 dia ada pas jaman Obama masih sekolah disana... Penting banget...

    Ya doa gue sih semoga dia lebih bijak dibandingkan si W. Bush... Dan bisa menyegerakan krisis ekonomi...

    Semoga Indonesia terinspirasi dengan perubahan yang hendak dilakukan Obama... menjadi Indonesia yang maju, makmur dan tertib...

    Suatu saat kita juga akan menyeru "Ya kita bisa!"

  • Elsa said:  

    aku khawatir nih, jangan-jangan Obama tak ubahnya president terdahulu...
    yang masih tak terpisahkan dengan Israel, saling mendukung. kalo emang masih kayak gitu, ya...sama aja. gak berubah.

  • Leave your response!

    Mohon untuk menyertakan nama dan identitas (alamat web) jika ingin berkomentar. Jika anda ingin ber-anonim, mohon cantumkan email dan nama anda.