Float Like The Breeze

2008-12-18 Leave a Comment

"Look at me
I'm floating like the breeze
With my roots strong like trees"
Dark Lotus - I Wanna Die

Tiga hari yang lalu, saya sempat mendengarkan alunan lagu Dark Lotus yang bertajuk I Wanna Die di Sentra Bokep, Pocin, disela-sela kekurang-tiduran saya selama hampir 2 minggu terakhir karena tengah di "training" menjadi "kuli-kuli profesional". Dan akhirnya saya terbebas sudah dari siksaan tersebut dengan akhir yang lumayan memuaskan.

Beberapa hari kemudian, betapa terkejutnya saya melihat berita di TV One kemarin sore, seorang mahasiswi Fakultas Psikologi UI angkatan 2005 mencoba bunuh diri setelah terjuan bebas dari lantai 7 Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Selatan. Saya tidak mengenalnya dan belum pernah sekalipun bertemu dengannya kecuali (mungkin) pada saat OKK UI 2005 ketika saya menjadi project officer dari acara tersebut. Tapi kematiannya begitu tragis sehingga saya pun tertarik ingin mengetahui penyebabnya. Apalagi yang bersangkutan sudah menginjak kaki di semester tujuh. Kampus UI sendiri beberapa waktu lalu juga kehilangan tiga orang mahasiswanya akibat kecelakaan mobil di tol Cibinong.

Setelah saya coba cari di situs jaringan sosial "facebook", akhirnya saya menemukan notes teman saya mahasiswa psikologi 2004 yang bercerita tentang kehilangan seorang teman. Korban tersebut bernama Nova Mirawati, mahasiswa Fakultas Psikologi UI 2005. Berikut adalah screenshoot dari situs yang saya buka tersebut:



Banyak yang mengatakan bahwa kematiannya adalah sebuah akhir dari kemelut masalah keluarga yang ia hadapi. Well, bunuh diri bagi sebagian orang mungkin merupakan suatu hal yang tidak masuk akal, tapi kita tidak pernah tahu bagaimana attitude si pelaku bunuh diri dalam menghadapi masalahnya. Kurva indiferensi setiap orang dalam menghadapi masalah itu berbeda-beda. Katanya, tekanan hidup yang tinggi merupakan salah satu faktor manusia membunuh dirinya sendiri selain mahalnya biaya hidup, lingkungan psikososial yang parah, kesenjangan ekonomi yang begitu besar, masalah keluarga yang rumit, serta gangguan mental berat (psikotis) yang tidak tertangani secara optimal. Kasus terakhir ini saya dengar lebih karena masalah keluarga.

Bunuh diri itu complicated, sampai sekarang saya masih miris jika melihat ada percobaan bunuh diri, terlebih kalau hal itu dilakukan semata-mata karena emosi sesaat seperti ditolak pacar. Saya berharap angka bunuh diri di Indonesia tidak sampai melebihi Lithuania, meskipun akhir-akhir ini, saya sering melihat aksi bunuh diri di media.

Semoga amal & ibadahnya diterima di sisi-Nya

Salam,





**Foto yang bersangkutan saya comot dari situs facebook


6 comments »

  • Anonymous said:  

    Sepertinya semakin banyak hal seperti itu terjadi, apalagi di liat kondisi bangsa yg morat marit seperti ini. Mudah2 an segera ada orang yg bersih untuk membereskan negeri ini

  • Anonymous said:  

    sepertinya perlu ada mata kuliah tambahan di semua fakultas: pelajaran berdamai dengan kenyataan hidup yang nyaris sulit untuk diajak selalu ramah ini....gimana suhu?

  • Anonymous said:  

    kenal tho

  • Anonymous said:  

    The sea is never still.
    It pounds on the shore
    Restless as a young heart
    Hunting

    The sea speaks
    And only the stormy hearts
    Know what it says
    It is the face
    Of a rough mother speaking

    The sea is young
    One storm cleans all the hoar
    And loosens the age of it.
    I hear it laughing, reckless

    They love the sea
    Men who ride on it
    And know they will die
    Under the salt of it
    Let the young come
    Says the sea
    Let them kiss my face

    And hear me
    I am the last word
    And I tell
    Where storms and stars come from.

  • Anonymous said:  

    join yach...bwt smua :D

  • Good Online Store . . . Dofollow . . . said:  

    thanx for share..
    please visit my blog and give comment because my blog always dofollow..
    very nice.. i read and translate your blog with google translate..

  • Leave your response!

    Mohon untuk menyertakan nama dan identitas (alamat web) jika ingin berkomentar. Jika anda ingin ber-anonim, mohon cantumkan email dan nama anda.