20 Memorable Events at 2008

2008-12-31 Leave a Comment

Happy new year
May we all have our hopes, our will to try
If we dont we might as well lay down and die
You and i

ABBA - Happy New Year

Tidak terasa, hari ini akan menjadi hari terakhir saya menulis artikel di blog ini untuk tahun 2008. Tahun yang saya rasa begitu cepat berlalu karena hampir seluruh hari pada tahun ini saya habiskan di kota Depok, kota yang cukup terkenal karena makanannya yang tidak enak. Tahun 2008 sendiri memberikan sebuah arti tersendiri bagi hidup saya, mulai dari penampilan Tim Medistina di ajang semifinal internasional L'oreal e-Strat Challenge ke 8 hingga Tim Hehehe di ajang final nasional PARSG tahun 2008. Tahun ini juga menjadi simbol kebangkitan blog symphony of life yang menjadi ajang bagi saya untuk berlatih mencurahkan pikiran dalam bentuk tulisan, dan tak jarang tulisan saya menuai kontroversi. Di artikel terakhir tahun 2008 ini, saya tidak akan menulis sesuatu yang baru, hanya sekedar flash back saja mengenai 20 (bukan 10) kejadian terpenting di seluruh dunia yang cukup menyita perhatian dan emosi saya.

Bangsa Indonesia memang bangsa yang bermemori pendek, dan saya termasuk satu diantara 250 juta manusia itu. Maka mohon jangan kaget jika ada hal-hal penting yang tidak tercantum disini. Lantas, kejadian apa saja yang saya maksud, berikut adalah list kejadian-kejadiannya, menurut runtun waktu:
  1. Kematian Jenderal Besar Soeharto

  2. Tanggal 27 Januari 2008 lalu menjadi awal dari memorable event di tahun 2008. Salah satu dari tiga jendral bintang lima di sejarah Indonesia, yaitu Jendral HM Soeharto menghembuskan nafas terakhir di RSP Pertamina dalam usia 87 tahun setelah dirawat selama 24 hari dibawah perawatan 40 dokter spesialis. Kematian yang masih menyisakan tentang kontroversi seputar harta kekayaannya yang belum terusut serta statusnya sebagai pahlawan nasional. Sebagian orang menilai bahwa Soeharto adalah penjahat terbesar dalam sejarah Indonesia karena selain meninggalkan hutang dan budaya korupsi, ia juga disinyalir terlibat dalam kasus-kasus pelanggaran HAM. Namun sebagian orang juga tidak menafikkan jasa beliau dalam menciptakan stabilitas ekonomi dan politik, serta perubahan-perubahan yang telah terjadi dalam pembangunan di Indonesia selama 32 tahun. Status sang jendral pun saat ini masih diperdebatkan setelah Partai Keadilan Sejahtera memasangnya sebagai pahlawan nasional dalam iklan politik mereka.

  3. Manchester United Menjadi Juara Liga Champions Eropa

  4. Sebagai seorang pemuja setan yang selalu konsisten sampai akhir zaman, keberhasilan anak-anak setan menaklukkan kota Moskow adalah sebuah prestasi yang luar biasa bagi saya. Gelar tersebut adalah gelar ketiga sepanjang sejarah setan merah setelah tahun 1968 dan tahun 1999 lalu. Keberhasilan setan merah, yang juga sekaligus merupakan juara Liga Inggris dan juara dunia antar klub di Yokohama beberapa waktu lalu ini, melengkapi kesuksesan Sir Alex Ferguson di dekade ketiga kepemimpinannya. Cristiano Ronaldo, sang pencetak 42 gol dalam satu musim, akhirnya terpilih sebagai pemain terbaik eropa versi Ballon D'Or mengalahkan seterunya Lionel Messi dan Fernando Torres.

  5. Kenaikan Harga BBM

  6. Jumat, 24 Mei 2008, Pemerintah memutuskan melakukan sebuah kebijakan yang sangat tidak populis di mata rakyatnya, yaitu menaikkan harga BBM. gelombang demonstrasi menentang kenaikkan harga BBM merebak dimana-mana. Namun saya sendiri berada di pihak yang pro dengan kenaikkan harga BBM karena berbagai alasan. Saat itu, harga minyak dunia sudah berada dalam tahapan yang tidak wajar. Kondisi diperparah dengan sejumlah statement dari Kwik Kian Gie--yang menurut saya tidak masuk akal. Dan akhirnya, November lalu hingga sekarang, pemerintah secara bertahap kembali menurunkan harga BBM mengikuti turunnya harga minyak dunia.

  7. Gaby, Hoax of The Year 2008

  8. Sampah, benar-benar sampah. Tapi kejadian ini cukup memorable bagi saya. Dimana sebuah hoax yang benar-benar tidak penting tentang lagu yang "katanya" dikarang oleh seorang wanita sebelum ia bunuh diri berhasil menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Bahkan seorang "ahli pornomatika" seperti Roy Suryo pun harus turun tangan. Saya agak malas berkomentar untuk yang satu ini. Intinya, kalau lagu ini makin ngetop, berati rest in peace buat musik berkualitas di tanah air.

  9. Insiden Monas, antara FPI dan AKBBB

  10. Setidaknya 10 orang dari Aliansi Kebangsaan dan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) terluka parah akibat pemukulan yang dilakukan oleh puluhan orang dari massa yang mengenakan atribut Front Pembela Islam (FPI) di Monumen Nasional (Monas) Jakarta, tepatnya di dekat lapangan parkir Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, sekitar pukul 13.00 WIB pada tanggal 1 Juni lalu. Habieb Rizieq Shihab bersama Munarman, tokoh koordinator lapangan ketika aksi tersebut, akhirnya diproses secara hukum. Aksi FPI ini juga merupakan sebuah aksi fundamentalisme islam yang tidak mau nilai-nilai relijiusitas yang ada tergerus oleh moderninasi dan kebebasan beragama. Sampai saat ini, FPI tetap konsisten berjuang "membunuh" pertumbuhan aliran ahmadiyah, meskipun harus dilalui dengan jalan kekerasan.

  11. Pesona Turki di Ajang Euro 2008

  12. Spanyol memang menjadi juara Eropa tahun 2008 Juli lalu, Rusia dan "pengkhianatan" Guus Hiddink juga sebuah cerita indah dibalik kehancuran sepakbola menyerang ala Belanda. Namun Turki adalah sebuah fenomena yang terlalu fantastis untuk dilupakan. Tim dengan tiga kali wonderful comeback di ajang Euro 2008. Gol-gol telat melawan Swiss, rep Ceko, dan Kroasia adalah aksi yang terdahsyat sepanjang sejarah pelaksanaan Euro Cup. Sebelum peluit panjang bertiup, pantang bagi anak asuhan Fatih Terim itu untuk menyerah. Dan mereka pun juga terpaksa menyerah disemifinal dengan gol telat Phillip Lahm di menit 89. Dan saya pun tak heran jika Turki dinobatkan sebagai tim paling menghibur di ajang Euro yang tidak diikuti oleh macan ompong Inggris tersebut.

  13. Emas Satu-Satunya di Ajang Olimpiade Beijing 2008

  14. Saya pikir, berita ini adalah satu dari sedikit berita gembira yang ada di tahun 2008 (bagi saya). Markis & Hendra berhasil mempertahankan "tradisi" emas olimpiade dari cabang olahraga Bulu Tangkis. Emas yang diraih Markis/hendra ini merupakan emas 6 sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di ajang Olimpiade. Sebuah berita gembira di tengah matinya pembinaan olahraga di Indonesia. Memang, selama ini Indonesia (dengan menpora dan ketum PSSI gagalnya itu) seringkali berparadigma bahwa insentif adalah "segalanya" untuk menuai prestasi di kemudian hari. Namun, apapun yang terjadi, saya ucapkan selamat untuk Markis dan Hendra yang telah menorehkan sejarah dalam olahraga di Indonesia

  15. Balada Supriyadi & Andaryoko Wisnuprabu

  16. Pahlawan yang satu ini memang memendam kontroversi tentang kepastian hidupnya, apakah dia benar-benar mati, atau masih hidup sampai sekarang. Yang jelas di menghilang dari peredaran. Banyak orang akhirnya mengaku-aku sebagai Supriyadi. Terbaru, seorang bernama Andaryoko Wisnuprabu mengaku sebagai Surpiyadi. Kini ia berusia 89 tahun. Istrinya yang berasal dari Pekalongan sudah meninggal tahun 2004 lalu. Ia memiliki 4 anak dengan 8 cucu. Rumah yang ia tinggali cukup baik, bangunan tembok, namun terlihat sederhana. Ia menyimpan banyak file foto yang memperlihatkan bahwa dirinya memang Supriyadi, pahlawan PETA yang hilang misterius dalam pemberontakan Madiun 63 tahun lalu. Meski demikian, pengakuannya sebagai supriyadi dibantah banyak pihak, termasuk sejarawan-sejarawan terkemuka di Indonesia seperti Asvi Marwan Adam ataupun Rusdi Husein.

  17. Bangkrutnya Lehman Brothers & Jatuhnya Indeks Bursa Dunia

  18. Kolapsnya sebuah bank investasi ternama AS yang bernama Lehman Brothers membuka sebuah episode krisis keuangan global yang terjadi belakangan ini. Kesulitan likuiditas yang dialami akibat krisis kredit perumahan di Amerika Serikat (AS) atau subprime mortgage itu juga membuat bursa saham global terguncang pada perdagangan Senin 15 September waktu setempat. Indeks saham dunia seperti Dow Jones, NASDAQ, Nikkei, dsb ikutan ambruk. Krisis keuangan di AS juga diperparah oleh diakuisisinya bank sekelas Merrill Lynch. Beberapa orang yang anti dengan kapitalisme menyebut krisis ini sebagai "lonceng kematian" kapitalisme dan pergantian sistem harus dilakukan. Namun bagi saya, krisis ini nggak lebih dari sekedar kontrol perbankan yang sangat-sangat lemah disertai dengan moral hazard yang terjadi diantara para investment manager.

  19. Tragedi Zakat di Pasuruan

  20. Sedikitnya 21 orang korban tewas akibat berdesakan dan terinjak saat berebut zakat berupa uang Rp 20000,- dari seorang "dermawan" bernama H Saikhon di Gang Pepaya, Jalan dr Wahidin, Kelurahan Purutrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur, seusai diotopsi di kamar jenasah RSUD dr Soedarsono, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Senin (15/9). Sungguh memalukan! Saya sudah tak bisa berkata-kata lagi! Sedemikian tidak kompetitifkah bangsa ini? Hal ini menjadi bahan tertawaan teman-teman saya di Inggris. Masak, satu nyawa dihargai Rp 20.000,- atau kurang dari 1,5 pund sterling? Namun jika diambil sisi positifnya, hal ini seharusnya memacu pemerintah untuk lebih mengentaskan kemiskinan, terlepas dari apapun masalah yang menyebabkannya.

  21. Pernikahan Di Bawah Umur Syeh Puji

  22. Indonesia sempat dihebohkan dengan kasus pernikahan dibawah umur yang dilakukan oleh Syeh Pujiono dengan Lutfiana Ulfa (12 Tahun) pada 8 agustus lalu. Hal ini kembali menuai pro dan kontra. Pihak pro biasanya cuma bersandar kepada satu hal, yaitu agama islam saja. Sementara pihak kontra berargumen lebih logis dan ilmiah karena berlandaskan pada psikologis dan sosiologis dari anak, peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta norma kesopanan. Pro dan kontra semakin gencar ditimbulkan karena adanya gosip bahwa saudagar kaya nan sengak dan songong ini akan menikahi seorang gadis berusia 9 dan 7 tahun. Lantas bagaimana saya menyikapinya? Secara prinsip saya tidak setuju, tapi apa yang terjadi terjadilah, lha wong bukan urusan saya.

  23. Kenaikkan Harga LPG dan diskriminasi harga yang aneh.

  24. Per 1 september tahun ini, LPG 12 kg dan 50 kg akan naik dari Rp 63.000 per tabung ke 69.000 per tabung, sedangkan elpiji 50 kilogram dari Rp 343.900 per tabung menjadi Rp 362.750 per tabung. Alasannya, selain mengikuti harga pasar internasional yang sudah mencapai Rp 11400,- per kilogram ataupun harga ke-ekonomian yaitu Rp 7200,- per kilogram juga untuk menutup kerugian Pertamina selama ini yang ditaksir Rp 2 - 2,5 trliun pertahunnya dalam tingkat penjualan LPG. Sementara untuk LPG 3 kg, tidak akan naik harga dengan pertimbangan bahwa LPG tersebut digunakan oleh masyarakat kalangan kebawah. Pemerintah berkata bahwa mereka tahu benar bahwa rakyat kecil akan sulit untuk menerima kenaikkan tersebut. Maka dari itu, mereka mengelompokkan (berdasarkan survey) bahwa LPG 3kg untuk masyarakat bawah, LPG 12 kg untuk masyarakat menengah keatas, dan LPG 50 kg untuk industri. LPG 3 kg tidak akan naik karena pemerintah tahu bahwa rakyat kecil memiliki daya beli yang terbatas Kalau seandainya saya menjadi masyarakat menengah keatas, untuk apa saya membeli 12 kg? mengapa tak beli 3 kg saja yang lebih murah?

  25. Pengesahan RUU Pornografi

  26. Akhir oktober lalu, UU yang masih menuai kontroversi ini akhirnya disahkan juga. Banyak pihak, terutama dari kalangan seni, liberalis, masyarakat Bali, & masyarakat Minahasa menolak UU tersebut karena dianggap mengancam kebudayaan mereka. Isu islamisasi pun semakin kental karena kebanyakan orang yang berdemo dan mendukung UU Pornografi ini adalah kelompok Ikhwan berjenggot panjang dan bercelana "ngatung" serta Akhwat berjilbab lebar. UU Pornografi ini sendiri bagi saya memang cocok diterapkan di Indonesia karena kurang terdidiknya orang Indonesia pada umumnya meskipun secara sosiologis, UU tersebut sangat cacat. UU Pornografi ini juga terbit dikala pemerintah belum mengevaluasi adanya KUH Pidana tentang kesusilaan sehingga banyak yang memprediksi UU Pornografi artinya buang-buang waktu.

  27. Anjloknya Saham BUMI

  28. Krisis keuangan global dan aksi korporasi PT Bakrie & Brothers (BNBR) "menjual" 35% saham BUMI kepada Northstar Pacific hanya karena alasan likuiditas benar-benar mengeruk "kekayaan" dari BUMI. Beberapa saat sebelum dan setelah itu, sejumlah pemegang saham BUMI antre dalam melakukan penjualan saham naas tersebut, tapi sialnya hanya sedikit pihak yang mau membelinya. Maka tidak heran jika volume perdagangan BUMI pada 20 November lalu hanya 11.703.500 lembar atau 23.407 lot saja! Hal ini jauh dari rata-rata kapitalisasi pasar BUMI dalam lima bulan sebelumnya yaitu sebesar 155.987.347 lembar! Alih-alih melakukan profit taking, beberapa investor pun harus rela merealisasikan kerugiannya menjelang lebaran lalu karena ketakutan akan meluncurnya harga saham tersebut. Suspensi pun dilakukan oleh pihak BEI karena ditakutkan harga akan semakin meluncur jatuh dan mempengaruhi nominal IHSG yang tergerus karena sentimen negatif pasar modal dunia.

  29. Kemenangan Barack Obama di US election

  30. Dunia seolah tersenyum setelah pidato kemenangan sang "penguasa dunia" yang baru yaitu Barack Obama dihadapan sekitar 100.000 pendukungnya di Chicago's Grant Park, AS. Dari sekitar 24 kalo ia menyebut kata-kata change dalam debat terbuka, mungkin inilah kata-kata change yang paling dinanti oleh Obama Mania. Sejarah akhirnya terjadi setelah presiden ke 44 AS ini merupakan presiden kulit hitam pertama yang memenangi pemilu. Dunia pun dilanda euforia perubahan, hembusan kata-kata Martin Luther King jr yaitu "I have a dream" seolah telah menjadi nyata, ketika seorang blasteran Amerika-Kenya berhasil merasakan empuknya kursi-kursi gedung putih. Congratulation, hanya itulah yang ingin saya ucapkan untuk Barack Obama & Joe Biden. Secara emosional, orang Indonesia memang lebih mendukung kemenangan Barack Obama yang juga dikenal sebagai Barry Soetoro ketika masih di Menteng. Obama menaklukkan pesaingnya John McCain dengan persentase suara 52% - 47%. Dalam penghitungan CNN, Obama telah meraup 338 electoral vote dan McCain mendapatkan 160. Untuk menjadi presiden AS, para kandidat harus mengumpulkan setidaknya 270 electoral vote.

  31. Eksekusi Terpidana Mati Bom Bali 1

  32. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, tiga terpidana mati Bom Bali 1 yaitu Amrozi, Imam Samudra, & Muklas akhirnya dieksekusi di Bukit Nirbaya, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah Pukul 00:15 dinihari tanggal 14 November lalu. Yang patut dilihat adalah, kematian tiga terpidana mati bom bali bisa menjadikan stimulus untuk kaum Islam Fundamentalis agar terus melancarkan "jihad" nya melawan memerangi "kebathilan" di dunia. Para fundamentalis islam itu kemungkinan akan menjadikan Amrozi cs sebagai suri teladan dalam aksinya. Ini dikenal dengan sebutan Efek Martir, dimana segala aksi yang akan dilakukan sangat irrasional dan kebanyakan diantara mereka berorientasi mati syahid. Nah, kegilaan pasukan fundamentalis ini mungkin telah menyamai kegilaan pasukan kamikaze Jepang ketika mereka menyerang pangkalan militer AS di Pearl Harbor, Hawaii pada 7 Desember 1941.

  33. Nurdin "Pantek" Halid Bebas Bersyarat Dari Penjara

  34. Nurdin "Pantek" Halid adalah ketua umum PSSI saat ini yang sangat teruji kepemimpinannya karena mampu memimpin PSSI dari balik jeruji penjara. Ia juga memiliki anjing-anjing setia seperti Mafirion, Nugraha Besoes, dsb dalam organisasi PSSI. Mereka saat ini masih menikmati gaji buta yang semakin tumbuh "subur" di tubuh PSSI. Si Pantek Nurdin juga memiliki andil yang sangat besar atas kematian sepakbola Indonesia dengan segenap pembinaannya. Tercatat, semenjak kepemimpinan beliau, Indonesia turun peringkat menjadi 139 dunia atau yang terburuk selama 30 tahun terakhir. Nurdin "Pantek" Halid yang merupakan terpidana kasus penyalahgunaan dana distribusi minyak goreng Bulog akhirnya bebas secara bersyarat pada kamis tangal 27 November dan bersiap untuk menghancur-leburkan kembali prestasi timnas sepakbola Indonesia dan membawa Indonesia ke peringkat 250 dunia!

  35. Pengesahan RUU BHP

  36. Kembali, sebuah UU yang sangat kontroversial disahkan oleh DPR. Indonesia seakan kembali terbelah oleh barisan pro dan kontra UU BHP ini. Undang-undang ini bertujuan memberikan otonomi seluas-luasnya kepada pihak kampus untuk melakukan pendanaan, penyusunan kurikulum, dsb. Bagian yang kontra mengklaim bahwa BHP menimbulkan efek komersialisasi dan menjadikan pendidikan menjadi mahal. Mereka biasanya menahbiskan diri sebagai pejuang pendidikan murah. Sementara pihak yang pro menilai bahwa BHP merupakan sebuah terobosan yang baik dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Undang-undang ini sendiri disusun sebelum ada evaluasi mendasar dari PT BHMN, mirip dengan kondisi pengesahan UU Pornografi sebelumnya. Gelombang demonstrasi menentang UU BHP ini sendiri begitu merebak dimana-mana. Sementara sikap saya? Saya tidak ekstrim mendukung salah-satu pihak, tapi saya lebih condong kearah pro dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah solusi permasalahan ketimpangan sosio-geografis yang mungkin ditimbulkan oleh UU BHP ini.

  37. Vietnam menjadi juara baru di piala AFF

  38. Beberapa hari lalu, Vietnam memastikan diri untuk kali perama menggondol Piala AFF, lambang supremasi sepakbola Asia Tenggara setelah menekuk Thailand yang notabene lebih diunggulkan menjadi juara dengan agregat 3-2. Gol telat Lee Cong Vinh di detik-detik terakhir pertandingan memastikan kemenangan dramatis tersebut. Hasil ini sekaligus menjadi bukti betapa tertinggalnya sepakbola Indonesia daripada negara tetangganya seperti Singapura, Thailand, & Vietnam. Semifinal melawan Thailand, meskipun Indonesia "hanya" kalah agregat 1-3, namun penampilan Indonesia benar-benar layaknya sebuah tim pengecut yang selalu menunggu bola dan sialnya, pola 5-3-2 yang dipakai Bendol di Bangkok memaksa mereka untuk terus bertahan, pun ketika mereka tertinggal 1-2, mereka masih bertahan. PSSI berkilah Indonesia sudah bagus dan meraih titik optimum. Namun bagi saya, pecundang tetaplah pecundang. Dan Indonesia adalah pecundang di Piala AFF 2008 ini.

  39. Serangan Udara Israel ke Jalur Gaza

  40. Tahun 2008 ditutup oleh aksi serangan udara tentara Israel ke Gaza di Palestina pada tanggal 27 Desember lalu setelah periode gencatan senjata antara Israel dan Palestina selesai. Serangan ini menewaskan lebih dari 300 jiwa penduduk palestina. Israel berdalih bahwa serangan tersebut dilakukan untuk melumpuhkan kekuatan Hamas yang dianggap sebagai aliran ekstrim yang bisa membahayakan mereka. Namun kenyataannya mereka juga melukai warga sipil. Seperti yang kita ketahui, Hamas selalu bersikeras bahwa Israel harus "pergi" dari daerah Palestina. Seperti biasa, PBB hanya bisa menggerutu, tanpa berani bertindak. Presiden SBY sendiri telah mengirimkan surat desakan kepada PBB agar PBB memberikan resolusi terhadap Israel. Sementara AS justru menyalahkan Hamas yang terkadang "iseng" memberikan rudal kearah Israel sehingga terjadi pertumpahan darah. Saya pribadi mengutuk aksi yang dilakukan oleh bajingan-bajingan Yahudi tersebut. Meski demikian, terkadang saya takjub melihat konflik Palestina-Israel. Sebuah konflik (yang pada awalnya) sekuler yang akhirnya menjadi konflik agama.

Namun terlepas apapun sejarahnya, serangan Israel ke Gaza diatas membuat ucapan saya menjadi un-happy new year 2009 untuk anda semuanya.

Salam,





Foto diambil dari berbagai sumber tanpa ijin



4 comments »

  • Wisata Lampung said:  

    Wah pertamax nih, he3x Selamat tahun baru 2009 mas, semoga blognya bisa terus menginspirasi pengunjungnya. Salam mampir dari lampung :)

  • Syamsul Alam said:  

    Wah.... jika mau merunut balik, ternyata memang un-happy new year
    Namun, semoga tahun depan lebihbaik daripada hari ini. Amien!

  • Bifold doors said:  

    Kopi tuntas 2008 yg sangat fenomenal menurut saya hehe..
    hebat2 bisa mereview seperti itu, saya baru tau nurdin itu bebas yah hehe, jarang baca berita :D

  • Leave your response!

    Mohon untuk menyertakan nama dan identitas (alamat web) jika ingin berkomentar. Jika anda ingin ber-anonim, mohon cantumkan email dan nama anda.